Laman

Jumat, 25 September 2015

Tips Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Sebagian besar orang tua terbiasa mendidik anak usia 2 tahun diserahkan kepada pembantunya, dikarenakan alasan kesibukan aktifitas sehari-hari atau dikarenakan ayah, bundanya dua-duanya bekerja, sehingga kwantitas pertemuan dengan sibuah hati sangatlah sedikit. Namu sebagian besar lagi memang belum mengetahui bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun.
Cara mendidik anak usia 2 tahun tentu saja sedikit berbeda dengan bagaimana cara mendidik anak dengan usia di atasnya. Hal ini dikarenakan pada saat si anak masih dalam usia 1 – 2 tahun, dia masih dalam masa perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai hal. Sejak lahir ke dunia, seorang bayi akan menunjukkan perubahan yang perlahan namun pasti setiap harinya. Dan pada saat ia mulai menginjak usia 2 tahun, perubahan-perubahan besar mulai terjadi pada si anak. Selain bisa dilihat dari perubahan fisiknya yang mungkin bertambah berat dan bertambah tinggi, si anak juga pasti akan menunjukkan perubahan sikap yang cukup signifikan. Dan tak bisa dipungkiri bahwa pada saat anak memasuki usia 2 tahun, dia akan sangat banyak menerima dan menyerap informasi dari luar dan dari siapapun yang nantinya di kemudian hari akan menjadi fondasi hidupnya. Maka dari itu sebagai orang tua, usahakanlah untuk bisa menggunakan cara mendidik anak usia 2 tahun yang tepat supaya putra ataupun putri Anda bisa berkembang dengan baik dan tentunya menjadi anak yang cerdas dan juga tumbuh menjadi pribadi yang positif.
Inilah Tips Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun
Untuk mendidik seorang anak kecil ada banyak hal dan faktor yang harus Anda ketahui dan harus Anda miliki di dalam diri Anda. Inilah yang membuat para ahli mengungkapkan bahwa pendidikan yang ditanamkan pada saat kecil sangatlah penting karena akan menjadi pondasi bagi si anak yang kemudian menjadi tumpuannya saat ia mulai tumbuh besar. Ada banyak cara yang mungkin bisa Anda coba dan bisa Anda praktikkan dalam mendidik buah hati Anda yang saat ini mungkin masih menginjak usia 2 tahun.
1.      Meluangkan Waktu
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah berusaha meluangkan sedikit waktu Anda untuk si anak supaya ia paling tidak memiliki waktu bermain dengan orang tuanya. Sebagai orang tua, tentu saja bukan hal yang salah jika Anda memiliki kesibukan tersendiri. Tidak ada yang menyalahkan orang tua harus sibuk dengan pekerjaannya, harus sibuk di luar rumah dan cukup kurang memiliki waktu di rumah bersama buah hatinya. Akan tetapi demi melakukan cara mendidik anak usia 2 tahun yang benar, Anda harus mengerti sepenuhnya tentang tanggungjawab anda sebagai orang tua yang juga harus mengurus anak anda. Luangkanlah waktu anda untuk sekadar ngobrol atau bermain bersama anak anda. Meskipun sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua yang harus menafkahi anak dan keluarga dengan cara sibuk bekerja, akan tetapi sebaiknya anda menyeimbangkan antara menyayangi pekerjaan anda dan juga menyayangi buah hati anda.
2.      Mengajarkan Kebiasaan Baik
Usia 2 tahun adalah usia di mana si anak sangat mudah menerima, menyerap dan juga menirukan informasi yang didapatkannya dari orang lain termasuk orang tua. Nah, cara mendidik anak yang baik adalah dengan mengajarkannya atau mencontohkannya kebiasaan-kebiasaan baik mulai dari hal-hal yang terkecil. Tak bisa dipungkiri bahwa anak usia 2 tahun memang masih cukup sulit untuk dipahami apalagi diajari tentang suatu hal. Maka dari itu, ajaklah berkomunikai dan sedikit demi sedikit ajarkan dia untuk bisa melakukan berbagai hal positif yang berguna bagi orang lain. Cara mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan memperkenalkan si anak perbedaan antara hal yang baik dan hal yang buruk. Contohnya sangat sederhana, contohkan dia untuk membelai dan memberikan kasih sayang ketimbang membiarkan anak anda melihat anda memukul seseorang atau melihat orang lain memukul orang yang lainnya.
3.      Biarkan Anak Berekspresi
Sebagi cara mendidik anak usia 2 tahun selanjutnya, Anda juga tidak boleh terlalu mengekang anak anda untuk melakukan suatu hal. Melakukan ini tidak boleh, itu tidak boleh, ini berbahaya, itu pun berbahaya. Mungkin menurut anda memang seperti itu, tetapi anda sendiri mungkin tidak pernah bisa memahami apa yang dia rasakan dan dipikirkan oleh anak anda. Nah, sebagai cara mendidik anak yang baik, biarkan saja si anak melakukan segala hal yang disukainya. Akan tetapi dengan catatan bahwa kegiatan atau hal yang dilakukan oleh si anak tetap dalam pengawasan anda. Misalnya anak anda memegang sebuah krayon atau pensil warna. Berikan dia kertas dan biarkan dia membaut coretan-coretan di kertas tersebut ketimbang dia nantinya akan mencoret-coret di dinding. Sebaiknya anda juga biarkan dia mulai bermain dengan teman sebayanya agar dia bisa lebih mengekspresikan dirinya dan keinginannya.

Dengan artikel Tips CaraMendidik Anak Usia 2 Tahun ini semoga menjadi informasi yang berguna bagi orangtua untuk lebih baik lagi mendidik sibuah hatinya Maka dari itu mulai saat ini, cobalah untuk menjadi orang tua yang baik dengan melakukan beberapa tips yang kami berikan tadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Kebetulan anak saya masih 5 bulan..tapi ini akan saya simpan sebagai persiapan mendidikan demi kecerdasan anak

    BalasHapus