Laman

Sabtu, 13 Juli 2013

TIPS PUASA AMAN DAN SEHAT

Selain bernilai ibadah puasa juga bermanfaat untuk membentuk kebiasaan hidup sehat. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berpuasa. Berikut beberapa tips puasa aman dan sehat :
  1. Saat sahur, batasi minum teh dan kopi, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat sehingga  cepat mendatangkan rasa haus meski tak sampai dehidrasi.
  2. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. misalnya gandum, padi-padian, kacang- kacangan, biji- bijian, nasi merah dll.
  3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma. hal ini dikarenakan kurma mengandung gua,serat,karbohidrat,kalium dan magnesium. kurma juga dapat mengganti kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa.
  4. Mengkonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka puasa, karena dapat meningkatkan sel sel lemak dalam tubuh. apalagi untuk mereka yang sudah lanjut usia.
  6. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Asupan ini untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar beraktifitas esok harinya.
  7. Hindari terlalu banyak minum es, karena memudahkan anda merasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar